Berita

Tinjau Lokasi Gempa di Malang, Doni Monardo Imbau Tekankan Kearifan Lokal Masyarakat

Minggu, 11 April 2021 - 15:15
Tinjau Lokasi Gempa di Malang, Doni Monardo Imbau Tekankan Kearifan Lokal Masyarakat Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo ketika menyimak laporan kerusakan bencana dari Dandim 0818. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMES MEDAN, MALANG – Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo meninjau lokasi terdampak gempa di Malang, Minggu (11/4/2021) sore. Lokasi kunjungan berada di Desa/Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Kedatangan Letjen TNI Doni Monardo, disambut Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa, Bupati Malang Abah Sanusi, Dandim 0818, Letkol Inf Yusub Dody Sandra dan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar.

Doni-Monardo-gempa-malang-2.jpg

Dalam arahannya, Letjen TNI Doni Monardo Imbau masyarakat untu selalu tanggap terhadap bencana alam, terutama Gempa Bumi dan Tsunami seperti di Kabupaten Malang ini.

"Masyarakat jangan selalu memanfaatkan teknologi radio dan internet ketika terjadi bencana alam. Karena bisa terjadi akses jaringan sedang rusak," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, maka dari itu dia menginap masyarakat agar memanfaatkan kearifan lokal masyarakat sekitar untuk memantau kondisi gempa bumi.

"Contohnya, dengan memanfaatkan gelas yang ditumpuk. Apabila gelas jatuh dan gempa berlangsung lama, harus segera mengungsi. Atau segera naik ke gunung apabila rawan tsunami," terangnya.

Dia menyebutkan itu salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat. "Masih banyak Kearifan Lokal Masyarakat sekitar yang disesuaikan dengan wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Doni Monardo gempa malang 3

Menurut Jendral Bintang dua tersebut, wilayah pantai selatan memang rawan terjadi Gempa Bumi dan Tsunami. "Termasuk di wilayah Malang ini juga (zona rawan tsunami)," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Doni Monardo menegaskan bahwasannya pemerintah hadir dan peduli terhadap korban yang terdampak gempa di Malang dengan memberikan bantuan, serta membantu pemulihan pasca bencana. (*) 

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Medan just now

Welcome to TIMES Medan

TIMES Medan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.