Berita

Kementerian PUPR RI: SPAM Regional Petanglong Tingkatkan Akses Air Minum di Pekalongan

Kamis, 15 Oktober 2020 - 23:34
Kementerian PUPR RI: SPAM Regional Petanglong Tingkatkan Akses Air Minum di Pekalongan Ilustrasi pembangunan SPAM Regional Petanglong di Desa Krompeng, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MEDAN, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus berupaya meningkatkan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Di Provinsi Jawa Tengah, dukungan infrastruktur dilakukan dengan telah diselesaikan pembangunan SPAM Regional Petanglong di Desa Krompeng, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan berkapasitas 850 liter/detik. 

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, prasarana dan sarana air minum merupakan infrastruktur dasar yang memberikan pengaruh vital pada kesehatan dan lingkungan. Dalam hal ini, pembangunan SPAM Regional Petanglong menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan akses air minum aman bagi 32.000 Sambungan Rumah (SR) yang tersebar di Kabupaten Pekalongan 16.000 SR, Kabupaten Batang 4.000 SR, dan Kota Pekalongan 12.000 SR. 

SPAM-Petanglong-PUPR-2.jpg

Pembangunan Tahap I SPAM Regional Petanglong telah selesai dikerjakan  oleh Kementerian PUPR RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah, Ditjen Cipta Karya bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) pada 2016-2018. 

Sumber air baku SPAM Petanglong memanfaatkan Bendung Jambangan sebesar 400 liter/detik dan Bendung Kaliboyo sebanyak 450 liter/detik. Selanjutnya mulai dikerjakan pembangunan Intake Jambangan, bak pelepas tekan Batursari 500 m3, dan jaringan pipa transmisi dengan anggaran sebesar Rp 48 miliar. 

Kemudian BPPW Jawa Tengah membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Krompeng berkapasitas 200 liter/detik, 2 bangunan reservoir berkapasitas 5.000 m3, dan sejumlah  fasilitas pelengkap diantaranya pompa distribusi, penampung lumpur, kantor operasional, jaringan listrik, dan rumah genset. Anggaran pembangunannya sebesar Rp 49,8 miliar bersumber dari APBN TA 2016-2018 (MYC). 

SPAM-Petanglong-PUPR-3.jpg

Pembangunan SPAM Petanglong dilanjutkan dengan instalansi jaringan perpipaan JDU dan transmisi air bersih serta sarana pelengkapnya dengan anggaran Rp 57,5 miliar. Kemudian pada TA 2019 dilanjutkan dengan pembangunan jaringan pipa distribusi  menuju Kota Pekalongan sepanjang 2,12 Km, bangunan reservoir offtake berkapasitas 2.000 m3 dan fasilitas pelengkap lainnya dengan anggaran Rp 19,6 miliar. 

Pembangunan SPAM Regional Petanglong telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu bersamaan dengan peresmian SPAM Keburejo (Kebumen-Purworejo).

Dengan rampungnya offtake SPAM Petanglong, diharapkan dapat  melayani kebutuhan air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat terkait penggunaan air bersih. 

SPAM Regional Petanglong yang dibangun Kementerian PUPR RI ini mamapu memberikan tambahan pasokan air baku bagi Kabupaten Pekalongan sebesar 200 liter/detik, Kabupaten Batang 50 liter/detik, dan Kota Pekalongan 350 liter/detik. Mayoritas masyarakat di 3 kabupaten/kota tersebut selama ini menggunakan air tanah dangkal dengan membuat sumur untuk memenuhi kebutuhan air baku, sehingga pada musim kemarau kuantitas sumber air di wilayah tersebut cenderung menurun. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Medan just now

Welcome to TIMES Medan

TIMES Medan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.