Wisata

Kambang Iwak, Taman Favorit dan Bersejarah di Kota Palembang

Minggu, 18 April 2021 - 15:52
Kambang Iwak, Taman Favorit dan Bersejarah di Kota Palembang Jenis tumbuhan tua di sekitar Kambang Iwak Palembang (FOTO: Rochman/TIMES Indonesia)

TIMES MEDAN, PALEMBANG – Taman Wisata Kambang Iwak Besak. Ini salah satu jejak peninggalan Belanda di Kota Palembang yang asri dan sejuk karena ditumbuhi pepohonan.

Tidak diketahui secara persis apa nama taman ini pada zaman Belanda yang hingga kini jadi ikon Kota Palembang. Bentuk danau (kambang) yang menyerupai iwak (ikan), kini populer disebut kambang Iwak.

Jenis-tumbuhan-tua-di-sekitar-Kambang-Iwak-Palembang-2.jpg

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, taman ini dibuat saat jaman Belanda diperuntukkan untuk warga Belanda yang bermukim disekitaran taman tersebut sebagai saranan rekreasi keluarga.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya permukiman warga Belanda disekitaran Taman Wisata Kambang Iwak yang sekarang nama daerah tersebut adalah kawasan Talang Semut.

Jenis-tumbuhan-tua-di-sekitar-Kambang-Iwak-Palembang-3.jpg

Salah satu bukti lagi, kawasan Talang Semut dahulu adalah permukiman elit warga Belanda. Bangunan mewah yang sekarang menjadi rumah dinas Walikota Palembang, hingga sekarang masih kokoh berdiri.

Kambang Iwak juga dikelilingi pohon-pohon tua yang saat ini masih ada. Di era saat ini satu sudut Kota Palembang ini menjadi tempat favorit keluarga untuk olahraga. (*)

Pewarta : Fathur Rochman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Medan just now

Welcome to TIMES Medan

TIMES Medan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.